Sabtu, 15 Juni 2024

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN PAI

  ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP)

FASE D (KELAS VIII) SMP/MTs

MATA PELAJARAN : PAI DAN BUDI PEKERTI

 

Mata Pelajaran        : PAI dan Budi Pekerti

Satuan Pendidikan : SMPN 25 Depok

Kelas                       : VIII

Fase                         : D

Pada akhir fase D, peserta didik memahami definisi Al-Quran dan hadis Nabi dan posisinya sebagai sumber ajaran agama Islam. Peserta didik juga memahami pentingnya pelestarian alam dan lingkungan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam ajaran Islam. Peserta didik juga mampu menjelaskan pemahamannya tentang sikap moderat dalam beragama. Peserta didik juga memahami tingginya semangat keilmuan beberapa intelektual besar Islam. Dalam aspek akidah, peserta didik mendalami enam rukun Iman. Dari segi akhlak, peserta didik mendalami peran aktivitas salat sebagai bentuk penjagaan atas diri sendiri dari keburukan. Peserta didik juga memahami pentingnya verifikasi (tabayyun) informasi sehingga dia  terhindar dari kebohongan dan berita palsu. Peserta didik juga memahami definisi toleransi dalam tradisi Islam berdasarkan  ayat-ayat Al-Quran dan hadis-hadis Nabi. Peserta didik juga mulai mengenal dimensi keindahan dan seni dalam Islam  termasuk ekspresi-ekspresinya. Dalam ranah ibadah, peserta didik memahami internalisasi nilai-nilai dalam sujud dan ibadah salat, memahami konsep muʿāmalah, ribā, rukhshah, serta mengenal beberapa mazhab fikih. Dalam aspek sejarah, peserta didik mampu menghayati penerapan akhlak mulia dari kisah-kisah penting dari Bani Umayyah, Abbasiyyah, Turki  Usmani, Syafawi dan Mughal sebagai pengantar untuk memahami alur sejarah masuknya Islam ke Indonesia.

No

Domain/Elemen

Alur Capaian Pembelajaran Per Tahun

Alur Tujuan Pembelajaran

Pekan/ JP

Kata/Frase Kunci

Profil Pelajar Pancasila

Glosarium

1

Al-Qur'an Hadits

Membaca Q.S ar-Rum/30:41, Ibrahim/14: 32, dan az-Zukhruf/43: 13 dengan tartil, khususnya pada bacaan lam jalalah dan ra, dapat menulis Q.S ar-Rum/30:41, Ibrahim/14: 32, dan az-Zukhruf/43: 13, dapat menjelaskan kandungan Q.S ar-Rum/30:41, Ibrahim/14: 32, dan az-Zukhruf/43: 13 dan hadis tentang pelestarian alam, menghafal Q.S ar Rum/30:41, Ibrahim/14: 32, dan az-Zukhruf/43: 13 dengan lancar, serta dapat membuat video pendek yang mengandung konten pelestarian alam di lingkungan sekolah atau rumah masing-masing sehingga tertanam rasa syukur terhadap nikmat alam semesta, rasa memiliki serta merawat alam semesta dari bahaya pencemaran lingkungan

8.1.                 Peserta didik dapatmembaca Q.S. ar-Rum/30: 41 sesuai kaidah tajwid, khususnya hukum bacaan ra dan lam jalalah, dengan benar.

8.2.                 Peserta didik dapat membaca Q.S. Ibrahim/14:32 sesuai kaidah tajwid, khususnya hukum bacaan ra dan lam jalalah, dengan benar.

8.3.                 Peserta didik dapat membaca Q.S. az-Zukhruf/43:13 sesuai kaidah tajwid, khususnya hukum bacaan ra dan lam jalalah, dengan benar

5 Pekan/15 JP

Q.S. ar-Rum/30:41,

Q.S., Ibrahim/14:32,

Q.S. az-Zukhruf/43:13.

bacaan ra dan lam jalalah

§  Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia;

§  Berkebhinekaan Global;

§  Bergotong Royong;

§  Mandiri;

§  Bernalar Kritis; dan

§  Kreatif.

 

Bacaan 'Ra', Lam Jalalah, ghunnah dan Pelestarian alam semesta.

8.4.                 Peserta didik dapat menghafal Q.S ar-Rum/30:41 dengan lancar

8.5.                 Peserta didik dapat menghafal Q.S Ibrahim/14:32 dengan lancar

8.6.                 Peserta didik dapat menghafal Q.S az-Zukhruf/43:13 dengan lancar

8.7.                 Peserta didik dapat menghafal Q.S hadis tentang pelestarian alam dengan lancar

8.8.                 Peserta didik dapat terbiasa menghafalkan al-Quran dengan penuh semangat

Pelestarian alam

8.9.                 Peserta didik dapat menjelaskan kandungan Q.S ar-Rum/30:41 dengan benar

8.10.              Peserta didik dapat menjelaskan kandungan Ibrahim/14:32 dengan benar

8.11.              Peserta didik dapat menjelaskan kandungan az-Zukhruf/43:13 dengan benar

8.12.              Peserta didik dapat menjelaskan kandungan hadis tentang pelestarian alam dengan benar

Pelestarian alam

8.13.              Peserta didik dapat merumuskan program pelestarian alam dan perawatan lingkungan sekitar dengan benar

Pelestarian alam dan perawatan lingkungan sekitar

8.14.              Peserta didik dapat membuat video dokumentasi program pelestarian alam dan perawatan lingkungan sekitar dengan baik serta

8.15.              Peserta didik dapat berperilaku menjaga dan merawat alam dan lingkungan sekitar

8.16.              Peserta didik dapat menulis Q.S ar-Rum/30:41, Ibrahim/14:32, dan az-Zukhruf/43:13 dan hadis tentang pelestarian alam dengan benar.

Pelestarian alam dan perawatan lingkungan sekitar

2

Akidah

Menjelaskan makna iman kepada Kitab-Kitab Allah, dapat membuat infografis time line diturunkannya kitab-kitab Allah sehingga menjadi pribadi yang mencintai Al-Qur’an dan dapat menghargai perbedaan kitab-kitab suci umat beragama

8.17.              Peserta didik mampu menjelaskan makna iman kepada kitab-kitab Allah dengan benar

8.18.              Peserta didik mampu memiliki rasa ingin tahu terhadap sejarah kitab-kitab Allah

3 Pekan/ 9 JP

Iman kepada kitab-kitab Allah

Sejarah kitab-kitab Allah

§  Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia;

§  Berkebhinekaan Global;

§  Bergotong Royong;

§  Mandiri;

§  Bernalar Kritis; dan

§  Kreatif.

 

Kitab-kitab Allah, konsekuensi iman, rasul Allah dan sifat-sifat rasul Allah.

8.19.              Peserta didik dapat menjelaskan cara mencintai al-Qur’an

8.20.              Peserta didik dapat cara membangun hubungan dengan orang yang beriman kepada kitab terdahulu dengan benar.

8.21.              Peserta didik dapat memiliki perilaku terpuji dan bersikap toleran terhadap perbedaan.

Mencintai al-Qur’an

Membangun hubungan dengan orang yang beriman kepada kitab terdahulu

8.22.              Peserta didik dapat membuat infografis time line diturunkannya kitab-kitab Allah kepada para nabi dan rasul dengan benar

Diturunkannya kitab-kitab Allah kepada para nabi dan rasul

3

Akhlak

Mendeskripsikan manfaat dari sikap amanah dan jujur dalam kehidupan sehari-hari, dapat membuat poster mengenai pentingnya menjaga amanah dan kejujuran sehingga menjadi pribadi yang bertanggungjawab terhadap Tuhannya, diri sendiri, orang lain, dan alam sekitarnya sehingga tertanam sikap jujur, bertanggung jawab, dan berintegritas

8.23.              Peserta didik dapat menjelaskan pengertian sikap amanah dan jujur

8.24.              Peserta didik dapat menjelaskan cara berperilaku amanah dan jujur

8.25.              Peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku amanah dan jujur dalam kehidupan sehari-hari dengan baik

8.26.              Peserta didik dapat meyakini bahwa Allah Maha Mengetahui sehingga memiliki sikap jujur dan bertanggung jawab.

3 Pekan/ 9 JP

Amanah dan jujur

§  Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia;

§  Berkebhinekaan Global;

§  Bergotong Royong;

§  Mandiri;

§  Bernalar Kritis; dan

§  Kreatif.

 

Jujur, amanah, adil, tabayyun, toleransi dan hakikat perbedaan.

8.27.              Peserta didik dapat menemukan hikmah sikap amanah dan jujur dalam kehidupan sehari-hari dengan benar

8.28.              Peserta didik dapat meyakini bahwa manusia akan mempertanggung jawabkan amanah yang dipegangnya di hadapan Allah Swt. sehingga termotivasi untuk berperilaku amanah dan jujur

Hikmah

8.29.              Peserta didik dapat membuat poster mengenai pentingnya menjaga amanah dan kejujuran dengan baik

8.30.              Peserta didik dapat meyakini bahwa manusia yang menjaga amanah dan kejujuran akan mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat sehingga

8.31.              Peserta didik dapat memiliki sikap disiplin dan bertanggungjawab dalam menjaga amanah

Pentingnya menjaga amanah dan kejujuran

4

Fiqih

Menjelaskan ketentuan dan tata cara salat gerhana, istisqa’, dan salat jenazah, dapat mempraktikkannya dengan baik dan benar sehingga dapat menumbuhkan sikap disiplin, penuh harap kepada Allah Swt., dan peduli kepada sesama

8.32.              Peserta didik dapat menjelaskan pengertian salat gerhana dan istiska beserta

8.33.              Peserta didik dapat menjelaskan ketentuan dan tata cara pelaksanaannya dengan benar

8.34.              Peserta didik dapat menjalankan ketentuan agama sesuai syariat

8.35.              Peserta didik dapat memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

4 Pekan/ 12 JP

Salat gerhana dan istiska

§  Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia;

§  Berkebhinekaan Global;

§  Bergotong Royong;

§  Mandiri;

§  Bernalar Kritis; dan

§  Kreatif.

 

Salat Gerhana, Istiska, dan Jenazah

8.36.              Peserta didik dapat menjelaskan pengertian salat jenazah beserta ketentuan dan tata cara pelaksanaannya dengan benar

8.37.              Peserta didik dapat menjalankan ketentuan agama sesuai syariat

8.38.              Peserta didik dapat memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

salat jenazah

8.39.              Peserta didik dapat menemukan sikap penuh harap kepada Allah Swt dan kepedulian sosial dalam salat gerhana, istiska, dan jenazah dengan baik

8.40.              Peserta didik dapat memiliki sikap penuh harap kepada Allah Swt, serta peduli terhadap sesama

Kepedulian sosial dalam salat gerhana,istiska, dan jenazah

8.41.              Peserta didik dapat mempraktikkan salat gerhana, istiska, dan jenazah sesuai dengan ketentuan dengan benar,

8.42.              Peserta didik dapat menjalankan ketentuan agama sesuai syariat, serta memiliki sikap disiplin

Salat gerhana,istiska, danjenazah

5

Sejarah Peradaban Islam

Mendeskripsikan masa keemasan sejarah Islam pada Bani Abbasiyyah (750-1258 M), termasuk dimensi keindahan dan seni yang lahir di masa ini, dapat membuat infografis mengenai sejarah Islam pada masa Bani Abbasiyyah dengan Bait al-Hikmah sebagai bentuk Keharmonisan intelektual antar-agama sehingga menumbuhkan semangat melaksanakan ajaran agama untuk mencari ilmu dan semangat literasi dan produktif dalam berkarya.

8.43.              Peserta didik dapat menjelaskan sejarah keemasan Islam pada era Daulah Bani Abbasiyah

8.44.              Peserta didik dapat meyakini bahwa mencari ilmu merupakan ajaran agama Islam memiliki semangat untuk menjalankannya.

3 Pekan / 9 JP

Daulah Bani Abbasiyah

§  Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia;

§  Berkebhinekaan Global;

§  Bergotong Royong;

§  Mandiri;

§  Bernalar Kritis; dan

§  Kreatif.

 

Bani Umayyah, Bani Abbasiyyah, Ilmuan muslim.

8.45.              Peserta didik dapat menjelaskan perkembangan seni dan Bait al-Ḥikmah di era Daulah Bani Abbasiyah

8.46.              Peserta didik dapat memiliki kecintaan terhadap seni dan pengetahuan Islam

8.47.              Peserta didik dapat memiliki rasa ingin tahu yang tinggi untuk mendalaminya

Bait al-Ḥikmah

8.48.              Peserta didik dapat membuatinfografis Bait al-Ḥikmah sebagai bentuk Keharmonisan intelektual antaragama

Bentuk Keharmonisan intelektual antaragama

6

Al-Qur'an Hadits

Membaca Q.S. al-Baqarah/2: 143 dengan tartil, khususnya pada bacaan nun sukun / tanwin dan mim sukun, dapat menulis Q.S. al-Baqarah/2: 143 dengan baik dan benar, menjelaskan kandungan ayat Q.S. al-Baqarah/2: 143 tentang sikap moderat dalam beragama, menghafal Q.S. al-Baqarah/2: 143 dengan lancar, serta dapat menyusun pantun yang berisi tentang pentingnya sikap moderat dalam beragama sehingga dapat menjalankan agamanya secara moderat dan tertanam sikap saling menghargai perbedaan antar dan intern umat beragama

8.49.              Peserta didik dapatmembaca Q.S. al-Baqarah/2:143 sesuai kaidah tajwid, khususnya hukum bacaan nun sukun / tanwin dan mim sukun, dengan benar

8.50.              Peserta didik dapat terbiasa membaca al-Qur’an dengan disiplin

5 Pekan/ 15 JP

Q.S. al-Baqarah/2:143sesuai kaidah tajwid bacaan nun sukun /tanwin dan mim sukun

§  Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia;

§  Berkebhinekaan Global;

§  Bergotong Royong;

§  Mandiri;

§  Bernalar Kritis; dan

§  Kreatif.

 

Q.S. al-Baqarah/2:143 dan hadis tentang sikap moderat dalam beragama

8.51.              Peserta didik dapat menghafal Q.S. al-Baqarah/2:143 dan hadis tentang sikap moderat dalam beragama dengan lancar

8.52.              Peserta didik dapat terbiasa menghafalkan al-Quran dengan penuh semangat

Q.S. al-Baqarah/2:143 dan hadis tentang sikap moderat dalam beragama

8.53.              Peserta didik dapat menjelaskan kandungan Q.S. al-Baqarah/2:143 dan hadis tentang sikap moderat dalam beragama dengan benar

8.54.              Peserta didik dapat meyakini kebenaran Islam sebagai agama yang mengajarkan sikap moderat

Sikap moderat dalam beragama

8.55.              Peserta didik dapat menyelesaikan persoalan hubungan intern dan antar umat beragama dalam kehidupan sehari-hari dengan baik

8.56.              Peserta didik dapat menjalankan agama secara moderat dalam kehidupan sehari-hari.

Menyelesaikan persoalan hubungan intern danantar umat beragama dalam kehidupan sehari-hari

8.57.              Peserta didik dapat menulis Q.S. al-Baqarah/2:143 dan hadis tentang sikap moderat dengan Benar

8.58.              Peserta didik dapat menyusun pantun yang berisi tentang pentingnya sikap moderat dalam beragama dengan baik

8.59.              Peserta didik dapat tertanam sikap saling menghargai perbedaan antar dan intern umat beragama.

Sikap moderat dan pentingnya sikap moderat dalam beragama

7

Akidah

Menjelaskan makna iman kepada Nabi dan Rasul Allah, dapat membuat paparan mengenai penerapan sifat-sifat Rasul dalam kehidupan generasi digital saat ini sehingga menumbuhkan semangat untuk meneladani Nabi dan rasul Allah serta sikap bertanggung jawab, jujur, dan dapat dipercaya.

8.60.              Peserta didik dapatmenjelaskan makna iman kepada Nabi dan Rasul Allah dengan benar.

8.61.              Peserta didik dapat meyakini bahwa Allah Swt. mengutus para nabi dan rasul untuk menyampaikan wahyu kepada umat manusia

3 Pekan / 9 JP

Iman kepada Nabi dan Rasul Allah

§  Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia;

§  Berkebhinekaan Global;

§  Bergotong Royong;

§  Mandiri;

§  Bernalar Kritis; dan

§  Kreatif.

 

Iman Kepada Nabi dan Rasul

8.62.              Peserta didik dapat memberikan contoh penerapan keteladanan terhadap nabi dan rasul dalam kehidupan generasi digital dengan benar

8.63.              Peserta didik dapat menjadi pribadi yang bertanggung jawab, jujur, dan dapat dipercaya.

Pribadi yang bertanggung jawab, jujur, dan dapat dipercaya.

8.64.              Peserta didik dapat menyusun paparan tentang penerapan sifat-sifat Rasul dalam kehidupan generasi digital

8.65.              Peserta didik dapat terbiasa meneladani sifat-sifat nabi dan rasul dalam kehidupan sehari-hari.

Sifat-sifat nabi dan rasul dalam kehidupan sehari-hari

8

Akhlak

Mendeskripsikan teori dan penerapan toleransi menurut Islam, dapat membuat quote yang berisi pentingnya toleransi dalam ajaran Islam sehingga dapat menerima hakikat perbedaan sebagai sunatullah dan memiliki sikap toleran antar dan intern umat beragama.

8.66.              Peserta didik mampu menjelaskan teori dan praktik toleransi menurut Islam

8.67.              Peserta didik mampu menerima hakikat perbedaan sebagai sunnatullah

3 Pekan/ 9 JP

Toleransi menurut Islam

§  Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia;

§  Berkebhinekaan Global;

§  Bergotong Royong;

§  Mandiri;

§  Bernalar Kritis; dan

§  Kreatif.

 

Toleransi

8.68.              Peserta didik mampu mengevaluasi praktik keberagamaan umat Islam di lingkungan masyarakat yang majemuk

8.69.              Peserta didik mampu memiliki keragaman yang toleran

Keberagamaan umat Islam dilingkungan

8.70.              Peserta didik mampu membuat quote yang berisi pentingnya toleransi dalam ajaran Islam

8.71.              Peserta didik mampu memiliki sikap toleran intern maupun antar umat beragama

Pentingnya toleransi dalam ajaran Islam

9

Fikih

Menjelaskan konsep muʿāmalah: jual beli, hutang piutang, dan ribā, dapat membuat paparan mengenai jual beli, hutang-piutang, dan riba sehingga dapat menjalankan ajaran agama dalam bermuamalah sekaligus menumbuhkan sikap jujur, bertanggung jawab dan dapat dipercaya

8.72.              Peserta didik mampu menjelaskan pengertian dan konsep jual beli, hutang piutang, dan riba menurut ketentuan fikih muamalah

8.73.              Peserta didik mampu menjalankan dalam kehidupan sehari-hari

4 Pekan/ 14 JP

Jual beli, hutang piutang, dan riba

§  Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia;

§  Berkebhinekaan Global;

§  Bergotong Royong;

§  Mandiri;

§  Bernalar Kritis; dan

§  Kreatif.

 

Muamalah, Jual beli, Hutang Piutang, Riba

8.74.              Peserta didik mampu menyelesaikan masalah-masalah jual beli, hutang piutang, dan riba di era modern sesuai dengan ketentuan fikih muamalah

8.75.              Peserta didik mampu terbiasa bersikap jujur, bertanggung jawab, dan dapat dipercaya dalam bermuamalah

Masalah-masalah jual beli, hutang piutang, dan riba diera modern

8.76.              Peserta didik mampu menyajikan praktik jual beli dan hutang piutang yang sesuai dengan ketentuan fikih muamalah

8.77.              Peserta didik mampu terbiasa bertanggung jawab dalam menjalankan amanah

Praktik jual belidan hutang piutang

8.78.              Peserta didik mampu menyajikan paparan tentang jual beli, hutang piutang, dan riba menurut ketentuan fikih muamalah

8.79.              Peserta didik mampu menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya

Paparan tentang jual beli, hutang piutang, dan riba

10

Sejarah Peradaban Islam

Menceritakan masa keemasan sejarah Islam yang ditandai dengan munculnya para cendekiawan muslim, dapat membuat infografis mengenai peran ilmuwan muslim pada masa Bani Abbasiyah dalam menginspirasi dunia ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk karya dari ekspresi keindahan dan seni, serta kontribusinya untuk kemanusiaan dan peradaban sehingga dapat menjalankan ajaran agama dalam mencari ilmu, meghargai hasil karya seni, serta menumbuhkan rasa ingin tahu dan semangat menjadi pembelajar sepanjang hayat

8.80.              Peserta didik mampu menjelaskan peran ilmuwan muslim pada masa Bani Abbasiyah dalam menginspirasi dunia ilmu pengetahuan dan teknologi dan kontribusinya untuk kemanusiaan dan peradaban dengan benar

8.81.              Peserta didik mampu termotivasi untuk menjalankan ajaran agama dalam mencari ilmu

3 Pekan/ 9 JP

Ilmuwan muslim pada masa Bani Abbasiyah

§  Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia;

§  Berkebhinekaan Global;

§  Bergotong Royong;

§  Mandiri;

§  Bernalar Kritis; dan

§  Kreatif.

 

Bani Abbasiyah

8.82.              Peserta didik mampu menjelaskan ekspresi keindahan dan seni pada masa Bani Abbasiyah dengan benar

8.83.              Peserta didik mampu menghargai hasil karya seni.

Keindahan dan seni pada masa Bani Abbasiyah

8.84.              Peserta didik mampu membuat Infografis mengenai peran ilmuwan muslim pada masa Bani Abbasiyah dalam menginspirasi dunia ilmu pengetahuan dan teknologi serta kontribusinya untuk kemanusiaan dan peradaban dengan baik

8.85.              Peserta didik mampu memiliki rasa ingin tahu dan bersemangat menjadi pembelajar sepanjang hayat

Peran ilmuwan muslim pada masa Bani Abbasiyah

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bab 4 Mengagungkan Allah Swt. Dengan Tunduk Pada Perintah-Nya

  BAB IV MENGAGUNGKAN ALLAH SWT DENGAN TUNDUK PADA PERINTAH-NYA   A. SUJUD SYUKUR Sujud syukur ialah sujud yang dilakukan sebagai tanda te...