FASE D (KELAS
VIII) SMP/MTs
MATA
PELAJARAN : PAI DAN BUDI
PEKERTI
Mata Pelajaran : PAI dan Budi Pekerti
Satuan
Pendidikan : SMPN 25 Depok
Kelas : VIII
Fase : D
Pada akhir fase D, peserta didik memahami definisi Al-Quran dan
hadis Nabi dan posisinya sebagai sumber ajaran agama Islam. Peserta didik juga
memahami pentingnya pelestarian alam dan lingkungan sebagai bagian yang tidak
terpisahkan dalam ajaran Islam. Peserta didik juga mampu menjelaskan
pemahamannya tentang sikap moderat dalam beragama. Peserta didik juga memahami
tingginya semangat keilmuan beberapa intelektual besar Islam. Dalam aspek
akidah, peserta didik mendalami enam rukun Iman. Dari segi akhlak, peserta
didik mendalami peran aktivitas salat sebagai bentuk penjagaan atas diri
sendiri dari keburukan. Peserta didik juga memahami pentingnya verifikasi
(tabayyun) informasi sehingga dia
terhindar dari kebohongan dan berita palsu. Peserta didik juga memahami
definisi toleransi dalam tradisi Islam berdasarkan ayat-ayat Al-Quran dan hadis-hadis Nabi.
Peserta didik juga mulai mengenal dimensi keindahan dan seni dalam Islam termasuk ekspresi-ekspresinya. Dalam ranah
ibadah, peserta didik memahami internalisasi nilai-nilai dalam sujud dan ibadah
salat, memahami konsep muʿāmalah, ribā, rukhshah, serta mengenal beberapa
mazhab fikih. Dalam aspek sejarah, peserta didik mampu menghayati penerapan
akhlak mulia dari kisah-kisah penting dari Bani Umayyah, Abbasiyyah, Turki Usmani, Syafawi dan Mughal sebagai pengantar
untuk memahami alur sejarah masuknya Islam ke Indonesia.
No |
Domain/Elemen |
Alur
Capaian Pembelajaran Per Tahun |
Alur
Tujuan Pembelajaran |
Pekan/
JP |
Kata/Frase
Kunci |
Profil
Pelajar Pancasila |
Glosarium |
1 |
Al-Qur'an Hadits |
Membaca Q.S
ar-Rum/30:41, Ibrahim/14: 32, dan az-Zukhruf/43: 13 dengan tartil, khususnya
pada bacaan lam jalalah dan ra, dapat menulis Q.S ar-Rum/30:41, Ibrahim/14:
32, dan az-Zukhruf/43: 13, dapat menjelaskan kandungan Q.S ar-Rum/30:41,
Ibrahim/14: 32, dan az-Zukhruf/43: 13 dan hadis tentang pelestarian alam,
menghafal Q.S ar Rum/30:41, Ibrahim/14: 32, dan az-Zukhruf/43: 13 dengan
lancar, serta dapat membuat video pendek yang mengandung konten pelestarian
alam di lingkungan sekolah atau rumah masing-masing sehingga tertanam rasa
syukur terhadap nikmat alam semesta, rasa memiliki serta merawat alam semesta
dari bahaya pencemaran lingkungan |
8.1.
Peserta
didik dapatmembaca Q.S. ar-Rum/30: 41 sesuai kaidah tajwid, khususnya hukum
bacaan ra dan lam jalalah, dengan benar. 8.2.
Peserta
didik dapat membaca Q.S. Ibrahim/14:32 sesuai kaidah tajwid, khususnya hukum
bacaan ra dan lam jalalah, dengan benar. 8.3.
Peserta
didik dapat membaca Q.S. az-Zukhruf/43:13 sesuai kaidah tajwid, khususnya
hukum bacaan ra dan lam jalalah, dengan benar |
5 Pekan/15 JP |
Q.S.
ar-Rum/30:41, Q.S.,
Ibrahim/14:32, Q.S.
az-Zukhruf/43:13. bacaan ra
dan lam jalalah |
§ Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang
Maha Esa, dan Berahlak Mulia; § Berkebhinekaan Global; § Bergotong Royong; § Mandiri; § Bernalar Kritis; dan § Kreatif.
|
Bacaan
'Ra', Lam Jalalah, ghunnah dan Pelestarian alam semesta. |
8.4.
Peserta
didik dapat menghafal Q.S ar-Rum/30:41 dengan lancar 8.5.
Peserta
didik dapat menghafal Q.S Ibrahim/14:32 dengan lancar 8.6.
Peserta
didik dapat menghafal Q.S az-Zukhruf/43:13 dengan lancar 8.7.
Peserta
didik dapat menghafal Q.S hadis tentang pelestarian alam dengan lancar 8.8.
Peserta
didik dapat terbiasa menghafalkan al-Quran dengan penuh semangat |
Pelestarian alam |
||||||
8.9.
Peserta
didik dapat menjelaskan kandungan Q.S ar-Rum/30:41 dengan benar 8.10.
Peserta
didik dapat menjelaskan kandungan Ibrahim/14:32 dengan benar 8.11.
Peserta
didik dapat menjelaskan kandungan az-Zukhruf/43:13 dengan benar 8.12.
Peserta
didik dapat menjelaskan kandungan hadis tentang pelestarian alam dengan benar |
Pelestarian alam |
||||||
8.13.
Peserta
didik dapat merumuskan program pelestarian alam dan perawatan lingkungan
sekitar dengan benar |
Pelestarian alam dan perawatan lingkungan sekitar |
||||||
8.14.
Peserta
didik dapat membuat video dokumentasi program pelestarian alam dan perawatan
lingkungan sekitar dengan baik serta 8.15.
Peserta
didik dapat berperilaku menjaga dan merawat alam dan lingkungan sekitar 8.16.
Peserta
didik dapat menulis Q.S ar-Rum/30:41, Ibrahim/14:32, dan az-Zukhruf/43:13 dan
hadis tentang pelestarian alam dengan benar. |
Pelestarian alam dan perawatan lingkungan sekitar |
||||||
2 |
Akidah |
Menjelaskan
makna iman kepada Kitab-Kitab Allah, dapat membuat infografis time line
diturunkannya kitab-kitab Allah sehingga menjadi pribadi yang mencintai
Al-Qur’an dan dapat menghargai perbedaan kitab-kitab suci umat beragama |
8.17.
Peserta didik mampu menjelaskan makna iman kepada kitab-kitab Allah dengan benar 8.18.
Peserta didik mampu memiliki rasa ingin
tahu terhadap sejarah kitab-kitab Allah |
3 Pekan/ 9 JP |
Iman kepada
kitab-kitab Allah Sejarah kitab-kitab
Allah |
§
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; §
Berkebhinekaan Global; §
Bergotong Royong; §
Mandiri; §
Bernalar Kritis; dan §
Kreatif.
|
Kitab-kitab Allah, konsekuensi iman, rasul
Allah dan sifat-sifat rasul Allah. |
8.19.
Peserta didik dapat menjelaskan cara mencintai al-Qur’an 8.20.
Peserta didik dapat cara membangun hubungan
dengan orang yang beriman kepada kitab terdahulu dengan benar. 8.21.
Peserta didik dapat memiliki perilaku terpuji dan
bersikap toleran terhadap perbedaan. |
Mencintai
al-Qur’an Membangun hubungan
dengan orang yang beriman kepada kitab terdahulu |
||||||
8.22.
Peserta didik dapat membuat infografis time line diturunkannya kitab-kitab
Allah kepada para nabi dan rasul dengan benar |
Diturunkannya kitab-kitab Allah kepada para nabi dan rasul |
||||||
3 |
Akhlak |
Mendeskripsikan
manfaat dari sikap amanah dan jujur dalam kehidupan sehari-hari, dapat
membuat poster mengenai pentingnya menjaga amanah dan kejujuran sehingga
menjadi pribadi yang bertanggungjawab terhadap Tuhannya, diri sendiri, orang
lain, dan alam sekitarnya sehingga tertanam sikap jujur, bertanggung jawab,
dan berintegritas |
8.23.
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian sikap amanah
dan jujur 8.24.
Peserta didik dapat menjelaskan cara berperilaku amanah
dan jujur 8.25.
Peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku amanah dan
jujur dalam kehidupan sehari-hari dengan baik 8.26.
Peserta didik dapat meyakini bahwa Allah Maha Mengetahui
sehingga memiliki sikap jujur dan bertanggung jawab. |
3 Pekan/ 9 JP |
Amanah dan jujur |
§
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; §
Berkebhinekaan Global; §
Bergotong Royong; §
Mandiri; §
Bernalar Kritis; dan §
Kreatif.
|
Jujur, amanah, adil, tabayyun, toleransi dan hakikat perbedaan. |
8.27.
Peserta didik dapat menemukan hikmah sikap amanah dan
jujur dalam kehidupan sehari-hari dengan benar 8.28.
Peserta didik dapat meyakini bahwa manusia akan
mempertanggung jawabkan amanah yang dipegangnya di hadapan Allah Swt.
sehingga termotivasi untuk berperilaku amanah dan jujur |
Hikmah |
||||||
8.29.
Peserta didik dapat membuat poster mengenai pentingnya
menjaga amanah dan kejujuran dengan baik 8.30.
Peserta didik dapat meyakini bahwa manusia yang menjaga
amanah dan kejujuran akan mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat sehingga 8.31.
Peserta didik dapat memiliki sikap disiplin dan
bertanggungjawab dalam menjaga amanah |
Pentingnya menjaga amanah dan kejujuran |
||||||
4 |
Fiqih |
Menjelaskan
ketentuan dan tata cara salat gerhana, istisqa’, dan salat jenazah, dapat
mempraktikkannya dengan baik dan benar sehingga dapat menumbuhkan sikap
disiplin, penuh harap kepada Allah Swt., dan peduli kepada sesama |
8.32.
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian salat gerhana
dan istiska beserta 8.33.
Peserta didik dapat menjelaskan ketentuan dan tata cara
pelaksanaannya dengan benar 8.34.
Peserta didik dapat menjalankan ketentuan agama sesuai
syariat 8.35.
Peserta didik dapat memiliki rasa ingin tahu yang tinggi |
4 Pekan/ 12 JP |
Salat gerhana dan istiska |
§
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; §
Berkebhinekaan Global; §
Bergotong Royong; §
Mandiri; §
Bernalar Kritis; dan §
Kreatif.
|
Salat Gerhana, Istiska, dan Jenazah |
8.36.
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian salat jenazah
beserta ketentuan dan tata cara pelaksanaannya dengan benar 8.37.
Peserta didik dapat menjalankan ketentuan agama sesuai
syariat 8.38.
Peserta didik dapat memiliki rasa ingin tahu yang tinggi |
salat jenazah |
||||||
8.39.
Peserta didik dapat menemukan sikap penuh harap kepada
Allah Swt dan kepedulian sosial dalam salat gerhana, istiska, dan jenazah
dengan baik 8.40.
Peserta didik dapat memiliki sikap penuh harap kepada
Allah Swt, serta peduli terhadap sesama |
Kepedulian sosial dalam salat gerhana,istiska, dan jenazah |
||||||
8.41.
Peserta didik dapat mempraktikkan salat gerhana, istiska,
dan jenazah sesuai dengan ketentuan dengan benar, 8.42.
Peserta didik dapat menjalankan ketentuan agama sesuai
syariat, serta memiliki sikap disiplin |
Salat gerhana,istiska, danjenazah |
||||||
5 |
Sejarah Peradaban Islam |
Mendeskripsikan
masa keemasan sejarah Islam pada Bani Abbasiyyah (750-1258 M), termasuk
dimensi keindahan dan seni yang lahir di masa ini, dapat membuat infografis
mengenai sejarah Islam pada masa Bani Abbasiyyah dengan Bait al-Hikmah
sebagai bentuk Keharmonisan intelektual antar-agama sehingga menumbuhkan
semangat melaksanakan ajaran agama untuk mencari ilmu dan semangat literasi
dan produktif dalam berkarya. |
8.43.
Peserta didik dapat menjelaskan sejarah keemasan Islam
pada era Daulah Bani Abbasiyah 8.44.
Peserta didik dapat meyakini bahwa mencari ilmu merupakan
ajaran agama Islam memiliki semangat untuk menjalankannya. |
3 Pekan / 9 JP |
Daulah Bani Abbasiyah |
§
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; §
Berkebhinekaan Global; §
Bergotong Royong; §
Mandiri; §
Bernalar Kritis; dan §
Kreatif.
|
Bani Umayyah, Bani Abbasiyyah, Ilmuan muslim. |
8.45.
Peserta didik dapat menjelaskan perkembangan seni dan Bait
al-Ḥikmah di era Daulah Bani Abbasiyah 8.46.
Peserta didik dapat memiliki kecintaan terhadap seni dan pengetahuan
Islam 8.47.
Peserta didik dapat memiliki rasa ingin tahu yang tinggi
untuk mendalaminya |
Bait al-Ḥikmah |
||||||
8.48.
Peserta didik dapat membuatinfografis Bait al-Ḥikmah sebagai bentuk Keharmonisan intelektual antaragama |
Bentuk Keharmonisan intelektual antaragama |
||||||
6 |
Al-Qur'an Hadits |
Membaca
Q.S. al-Baqarah/2: 143 dengan tartil, khususnya pada bacaan nun sukun /
tanwin dan mim sukun, dapat menulis Q.S. al-Baqarah/2: 143 dengan baik dan
benar, menjelaskan kandungan ayat Q.S. al-Baqarah/2: 143 tentang sikap
moderat dalam beragama, menghafal Q.S. al-Baqarah/2: 143 dengan lancar, serta
dapat menyusun pantun yang berisi tentang pentingnya sikap moderat dalam
beragama sehingga dapat menjalankan agamanya secara moderat dan tertanam
sikap saling menghargai perbedaan antar dan intern umat beragama |
8.49.
Peserta didik dapatmembaca Q.S. al-Baqarah/2:143 sesuai
kaidah tajwid, khususnya hukum bacaan nun sukun / tanwin dan mim sukun,
dengan benar 8.50.
Peserta didik dapat terbiasa membaca al-Qur’an dengan
disiplin |
5 Pekan/ 15 JP |
Q.S. al-Baqarah/2:143sesuai kaidah tajwid bacaan nun sukun /tanwin dan mim
sukun |
§
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; §
Berkebhinekaan Global; §
Bergotong Royong; §
Mandiri; §
Bernalar Kritis; dan §
Kreatif.
|
Q.S. al-Baqarah/2:143 dan hadis tentang sikap moderat dalam beragama |
8.51.
Peserta didik dapat menghafal Q.S. al-Baqarah/2:143 dan
hadis tentang sikap moderat dalam beragama dengan lancar 8.52.
Peserta didik dapat terbiasa menghafalkan al-Quran dengan
penuh semangat |
Q.S. al-Baqarah/2:143 dan hadis tentang sikap moderat dalam beragama |
||||||
8.53.
Peserta didik dapat menjelaskan kandungan Q.S.
al-Baqarah/2:143 dan hadis tentang sikap moderat dalam beragama dengan benar 8.54.
Peserta didik dapat meyakini kebenaran Islam sebagai agama
yang mengajarkan sikap moderat |
Sikap moderat dalam beragama |
||||||
8.55.
Peserta didik dapat menyelesaikan persoalan hubungan
intern dan antar umat beragama dalam kehidupan sehari-hari dengan baik 8.56.
Peserta didik dapat menjalankan agama secara moderat dalam
kehidupan sehari-hari. |
Menyelesaikan persoalan hubungan intern danantar umat beragama dalam kehidupan
sehari-hari |
||||||
8.57.
Peserta didik dapat menulis Q.S. al-Baqarah/2:143 dan
hadis tentang sikap moderat dengan Benar 8.58.
Peserta didik dapat menyusun pantun yang berisi tentang
pentingnya sikap moderat dalam beragama dengan baik 8.59.
Peserta didik dapat tertanam sikap saling menghargai
perbedaan antar dan intern umat beragama. |
Sikap moderat dan pentingnya sikap moderat dalam beragama |
||||||
7 |
Akidah |
Menjelaskan
makna iman kepada Nabi dan Rasul Allah, dapat membuat paparan mengenai
penerapan sifat-sifat Rasul dalam kehidupan generasi digital saat ini
sehingga menumbuhkan semangat untuk meneladani Nabi dan rasul Allah serta
sikap bertanggung jawab, jujur, dan dapat dipercaya. |
8.60.
Peserta didik dapatmenjelaskan makna iman kepada Nabi dan
Rasul Allah dengan benar. 8.61.
Peserta didik dapat meyakini bahwa Allah Swt. mengutus
para nabi dan rasul untuk menyampaikan wahyu kepada umat manusia |
3 Pekan / 9 JP |
Iman kepada Nabi dan Rasul Allah |
§
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; §
Berkebhinekaan Global; §
Bergotong Royong; §
Mandiri; §
Bernalar Kritis; dan §
Kreatif.
|
Iman Kepada Nabi dan Rasul |
8.62.
Peserta didik dapat memberikan contoh penerapan keteladanan
terhadap nabi dan rasul dalam kehidupan generasi digital dengan benar 8.63.
Peserta didik dapat menjadi pribadi yang bertanggung
jawab, jujur, dan dapat dipercaya. |
Pribadi yang bertanggung jawab, jujur, dan dapat dipercaya. |
||||||
8.64.
Peserta didik dapat menyusun paparan tentang penerapan
sifat-sifat Rasul dalam kehidupan generasi digital 8.65.
Peserta didik dapat terbiasa meneladani sifat-sifat nabi
dan rasul dalam kehidupan sehari-hari. |
Sifat-sifat nabi dan rasul dalam kehidupan sehari-hari |
||||||
8 |
Akhlak |
Mendeskripsikan
teori dan penerapan toleransi menurut Islam, dapat membuat quote yang berisi
pentingnya toleransi dalam ajaran Islam sehingga dapat menerima hakikat
perbedaan sebagai sunatullah dan memiliki sikap toleran antar dan intern umat
beragama. |
8.66.
Peserta didik mampu menjelaskan teori dan praktik
toleransi menurut Islam 8.67.
Peserta didik mampu menerima hakikat perbedaan sebagai sunnatullah |
3 Pekan/ 9 JP |
Toleransi menurut Islam |
§
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; §
Berkebhinekaan Global; §
Bergotong Royong; §
Mandiri; §
Bernalar Kritis; dan §
Kreatif.
|
Toleransi |
8.68.
Peserta didik mampu mengevaluasi praktik keberagamaan umat
Islam di lingkungan masyarakat yang majemuk 8.69.
Peserta didik mampu memiliki keragaman yang toleran |
Keberagamaan umat Islam dilingkungan |
||||||
8.70.
Peserta didik mampu membuat quote yang berisi pentingnya
toleransi dalam ajaran Islam 8.71.
Peserta didik mampu memiliki sikap toleran intern maupun
antar umat beragama |
Pentingnya toleransi dalam ajaran Islam |
||||||
9 |
Fikih |
Menjelaskan
konsep muʿāmalah: jual beli, hutang piutang, dan ribā, dapat membuat paparan
mengenai jual beli, hutang-piutang, dan riba sehingga dapat menjalankan
ajaran agama dalam bermuamalah sekaligus menumbuhkan sikap jujur, bertanggung
jawab dan dapat dipercaya |
8.72.
Peserta didik mampu menjelaskan pengertian dan konsep jual
beli, hutang piutang, dan riba menurut ketentuan fikih muamalah 8.73.
Peserta didik mampu menjalankan dalam kehidupan
sehari-hari |
4 Pekan/ 14 JP |
Jual beli, hutang piutang, dan riba |
§
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; §
Berkebhinekaan Global; §
Bergotong Royong; §
Mandiri; §
Bernalar Kritis; dan §
Kreatif.
|
Muamalah, Jual beli, Hutang Piutang, Riba |
8.74.
Peserta didik mampu menyelesaikan masalah-masalah jual beli,
hutang piutang, dan riba di era modern sesuai dengan ketentuan fikih muamalah 8.75.
Peserta didik mampu terbiasa bersikap jujur, bertanggung
jawab, dan dapat dipercaya dalam bermuamalah |
Masalah-masalah jual beli, hutang piutang, dan riba diera modern |
||||||
8.76.
Peserta didik mampu menyajikan praktik jual beli dan
hutang piutang yang sesuai dengan ketentuan fikih muamalah 8.77.
Peserta didik mampu terbiasa bertanggung jawab dalam
menjalankan amanah |
Praktik jual belidan hutang piutang |
||||||
8.78.
Peserta didik mampu menyajikan paparan tentang jual beli,
hutang piutang, dan riba menurut ketentuan fikih muamalah 8.79.
Peserta didik mampu menjadi pribadi yang bertanggung jawab
dan dapat dipercaya |
Paparan tentang jual beli, hutang piutang, dan riba |
||||||
10 |
Sejarah Peradaban Islam |
Menceritakan
masa keemasan sejarah Islam yang ditandai dengan munculnya para cendekiawan
muslim, dapat membuat infografis mengenai peran ilmuwan muslim pada masa Bani
Abbasiyah dalam menginspirasi dunia ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk
karya dari ekspresi keindahan dan seni, serta kontribusinya untuk kemanusiaan
dan peradaban sehingga dapat menjalankan ajaran agama dalam mencari ilmu,
meghargai hasil karya seni, serta menumbuhkan rasa ingin tahu dan semangat
menjadi pembelajar sepanjang hayat |
8.80.
Peserta didik mampu menjelaskan peran ilmuwan muslim pada
masa Bani Abbasiyah dalam menginspirasi dunia ilmu pengetahuan dan teknologi
dan kontribusinya untuk kemanusiaan dan peradaban dengan benar 8.81.
Peserta didik mampu termotivasi untuk menjalankan ajaran
agama dalam mencari ilmu |
3 Pekan/ 9 JP |
Ilmuwan muslim pada masa Bani Abbasiyah |
§ Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia; § Berkebhinekaan Global; § Bergotong Royong; § Mandiri; § Bernalar Kritis; dan § Kreatif.
|
Bani Abbasiyah |
8.82.
Peserta didik mampu menjelaskan ekspresi keindahan dan
seni pada masa Bani Abbasiyah dengan benar 8.83.
Peserta didik mampu menghargai hasil karya seni. |
Keindahan dan seni pada masa Bani Abbasiyah |
||||||
8.84.
Peserta didik mampu membuat Infografis mengenai peran ilmuwan
muslim pada masa Bani Abbasiyah dalam menginspirasi dunia ilmu pengetahuan
dan teknologi serta kontribusinya untuk kemanusiaan dan peradaban dengan baik 8.85.
Peserta didik mampu memiliki rasa ingin tahu dan
bersemangat menjadi pembelajar sepanjang hayat |
Peran ilmuwan muslim pada masa Bani Abbasiyah |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar