ALUR
TUJUAN PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
SMP
FASE D KELAS VIII
1. Peserta didik dapat membaca Q.S.
Ar-Rum/30: 41, Q.S. Ibrahim/14: 32 dan Q.S. Az-Zukhruf/43: 13.
2. Peserta didik dapat menulis Q.S.
Ar-Rum/30: 41, Q.S. Ibrahim/14: 32 dan Q.S. Az-Zukhruf/43: 13.
3. Peserta didik dapat menghafal Q.S.
Ar-Rum/30: 41, Q.S. Ibrahim/14: 32 dan Q.S. Az-Zukhruf/43: 13.
4. Peserta didik dapat menjelaskan hukum
bacaan lam jalalah dan ra
5. Peserta didik dapat menunjukkan contoh
bacaan lam jalalah dan ra.
6. Peserta didik dapat mengimplementasikan
bacaan lam jalalah dan ra.
7. Peserta didik dapat menjelaskan Isi
kandungan Q.S. Ar-Rum/30: 41, Q.S. Ibrahim/14: 32 dan Q.S. Az-Zukhruf/43: 13.
8. Peserta didik dapat menjelaskan tentang
pelestarian alam dan lingkungan sesuai kandungan Q.S. Ar-Rum/30: 41, Q.S.
Ibrahim/14: 32 dan Q.S. Az-Zukhruf/43: 13.
9. Peserta didik dapat menciptakan karya
berupa video pendek yang mengandung konten pelestarian alam di lingkungan
sekolah atau rumah masing-masing
Profil Pelajar Pancasila
·
Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak
Mulia
·
Bergotong-royong
·
Kreatif
Alur Tujuan Pembelajaran
Elemen: Al-Qur’an Hadis |
|||
CapaianPembelajaran: Pada akhir fase D ini, Peserta didik memahami
pentingnya pelestarian alam dan lingkungan sebagai bagian yang tidak
terpisahkan dalam ajaran Islam. Mereka dapat membaca, menulis dan
menghafal Q.S. Ar-Rum/30: 41, Q.S. Ibrahim/14: 32 dan Q.S.
Az-Zukhruf/43: 13, dapat mengimplementasikan bacaan lam jalalah dan ra, dan
dapat menjelaskan tentang pelestarian alam dan lingkungan sesuai kandungan Q.S.
Ar-Rum/30: 41, Q.S. Ibrahim/14: 32 dan Q.S. Az-Zukhruf/43: 13. |
|||
Materi |
TujuanPembelajaran |
MA |
JP |
1.
A Q.S. Ar-Rum /30: 41, Q.S. Ibrahim/14: 32 dan Q.S.
Az-Zukhruf /43: 13 |
Peserta didik dapat membaca Q.S. Ar-Rum/30: 41, Q.S. Ibrahim/14: 32 dan
Q.S. Az-Zukhruf/43: 13. |
1a |
3 |
Peserta didik dapat menulis Q.S. Ar-Rum/30: 41, Q.S. Ibrahim/14: 32 dan
Q.S. Az-Zukhruf/43: 13. |
|||
Peserta didik dapat menghafal Q.S. Ar-Rum/30: 41, Q.S. Ibrahim/14: 32 dan
Q.S. Az-Zukhruf/43: 13. |
|||
1.
B Hukum bacaan lam jalalah dan ra |
Peserta didik dapat menjelaskan hukum bacaan lam jalalah dan ra |
1b |
3 |
Peserta didik dapat menunjukkan contoh bacaan lam jalalah dan ra. |
|||
Peserta didik dapat mengimplementasikan bacaan lam jalalah dan ra. |
|||
1.
C Pelestarian alam dan lingkungan serta isi Kandungan Q.S. Ar-Rum /30:
41, Q.S. Ibrahim/14: 32 dan Q.S. Az-Zukhruf /43: 13. |
Peserta didik dapat menjelaskan Isi kandungan Q.S. Ar-Rum/30: 41, Q.S.
Ibrahim/14: 32 dan Q.S. Az-Zukhruf/43: 13. |
1c |
3 |
Peserta didik dapat menjelaskan tentang pelestarian alam dan lingkungan
sesuai kandungan Q.S. Ar-Rum/30: 41, Q.S. Ibrahim/ 14: 32 dan Q.S.
Az-Zukhruf/43: 13.. |
|||
Peserta didik dapat menciptakan karya berupa video pendek yang mengandung konten pelestarian
alam di lingkungan sekolah atau rumah masing-masing |
|||
Total |
9 |
Bab
2
Mendalami Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt
Tujuan Pembelajaran :
10. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt beserta dalilnya.
11. Peserta didik dapat menjelaskan contoh-contoh penerapan Iman kepada
Kitab-kitab Allah Swt.
12. Peserta didik dapat menciptakan poster yang berhubungan dengan sikap orang
beriman kepada Kitab-kitab Allah Swt.
13. Peserta didik dapat mengimplementasikan cara beriman kepada
Kitab-kitab Allah Swt.
14. Peserta didik dapat membangun sikap mencintai Al-Qur’an.
Profil Pelajar Pancasila
·
Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak
Mulia
·
Bergotong-royong
Alur Tujuan Pembelajaran
Elemen: Akidah |
|||
Capaian Pembelajaran: Pada akhir fase D ini, peserta didik mendalami enam rukun Iman. Mereka dapat menjelaskan pengertian Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt dan Implementasinya. |
|||
Materi |
TujuanPembelajaran |
MA |
JP |
2.
A Pengertian Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt |
Peserta didik dapat menjelaskan
makna Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt. |
2a |
3 |
Peserta didik dapat menjelaskan
perbedaan kitab dan suhuf . |
|||
Peserta didik dapat menyebutkan
kitab-kitab yang wajib diimani |
|||
Peserta didik dapat menjelaskan
Isi Pokok Kitab-kitab Allah Swt. |
|||
Peserta didik dapat menjelaskan
Rasul–rasul yang menerima Kitab. |
|||
Peserta didik dapat menjelaskan
cara beriman kepada Kitab-kitab Allah Swt.. |
|||
2.
B Implementasi
Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt |
Peserta didik dapat
menunjukkan contoh perbuatan yang mencerminkan Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt |
2b |
3 |
Peserta didik dapat mengimplementasikan
cara beriman kepada kitab-kitab Allah Swt |
|||
Peserta didik dapat
menjelaskan cara menjadi generasi yang mencintai Al-Qur’an |
|||
Peserta didik dapat
menjelaskan ciri-ciri generasi cinta Al-Qur’an |
|||
Peserta didik dapat menyebutkan
hikmah beriman kepada Kitab Allah Swt. |
|||
Total |
6 |
Bab
3
Menjadi Pribadi yang Amanah dan Jujur
Tujuan Pembelajaran :
15. Peserta didik dapat menjelaskan sikap amanah dan jujur serta menerapkannya
dalam kehidupan sehari-hari.
16. Peserta didik dapat menciptakan karya inspiratif berkaitan dengan pentingnya
sikap amanah dan jujur.
17. Peserta didik dapat menjelaskan hikmah sikap amanah dan jujur.
Profil Pelajar Pancasila
·
Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak
Mulia
·
Bergotong-royong
Alur Tujuan Pembelajaran
Elemen: Akhlak |
|||
Capaian Pembelajaran: Pada akhir fase D ini, Peserta didik juga mulai mengenal dimensi
keindahan dan seni dalam Islam termasuk ekspresi- ekspresinya peserta didik
mendalami sikap amanah dan jujur. Mereka dapat menjelaskan pengertian amanah dan jujur
dan dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. |
|||
Materi |
TujuanPembelajaran |
MA |
JP |
3. A Amanah dan Implementasinya dalam kehidupan sehari-hari |
Peserta didik dapat menjelaskan
pengertian amanah dan dalilnya. |
3a |
3 |
Peserta didik dapat menjelaskan
bentuk-bentuk amanah . |
|||
Peserta didik dapat menjelaskan
penerapan sikap amanah dalam kehidupan sehari-hari |
|||
Peserta didik dapat menjelaskan
hikmah sikap amanah |
|||
3.
B Jujur dan
Implementasi nya dalam kehidupan sehari-hari |
Peserta didik dapat menjelaskan
pengertian jujur dan dalilnya. |
3b |
3 |
Peserta didik dapat menjelaskan
nilai-nilai kejujuran . |
|||
Peserta didik dapat menjelaskan
bentuk-bentuk kejujuran |
|||
Peserta didik dapat menjelaskan
penerapan sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari |
|||
Peserta didik dapat menjelaskan
hikmah sikap jujur |
|||
Total |
6 |
Bab
4 Salat Gerhana, Salat Istisqa,
dan Salat Jenazah
Tujuan Pembelajaran :
18. Peserta didik dapat menjelaskan ketentuan salat gerhana, salat istisqa dan
salat jenazah besert dalilnya.
19. Peserta didik dapat menjelaskan salat gerhana, salat istisqa dan salat
jenazah.
20. Peserta didik dapat mempraktikkan salat gerhana, salat istisqa dan salat
jenazah sesuai ketentuan dan tata caranya
21. Peserta didik
dapat membangun sikap disiplin, penuh harap kepada Allah Swt dan peduli kepada
sesama.
Profil Pelajar Pancasila
·
Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak
Mulia
·
Bergotong-royong
Alur Tujuan Pembelajaran
Elemen: Fikih |
|||
Capaian Pembelajaran: Pada akhir fase D ini, peserta didik memahami internalisasi
nilai-nilai dalam sujud dan ibadah salat. Mereka dapat menjelaskan cara melakukan salat gerhana, salat istisqa dan
salat jenazah. |
|||
Materi |
TujuanPembelajaran |
MA |
JP |
4.
A Salat Gerhana dan Ketentuan nya |
Peserta didik dapat menjelaskan
pengertian salat gerhana dan dalilnya. |
4a |
3 |
Peserta didik dapat menjelaskan
ketentuan salat gerhana . |
|||
Peserta didik dapat menjelaskan
tata cara salat gerhana |
|||
Peserta didik dapat menjelaskan
Hikmah melaksanakan salat gerhana |
|||
4.
B Salat Istisqa
dan Ketentuan nya |
Peserta didik dapat menjelaskan
pengertian salat istisqa dan dalilnya. |
4b |
3 |
Peserta didik dapat menjelaskan
ketentuan salat istisqa . |
|||
Peserta didik dapat menjelaskan
tata cara salat istisqa |
|||
Peserta didik dapat menjelaskan
Hikmah melaksanakan salat istisqa |
|||
4. C Salat Jenazah
dan Ketentuan nya |
Peserta didik dapat menjelaskan
pengertian salat jenazah dan dalilnya. |
4c |
3 |
Peserta didik dapat menjelaskan
ketentuan salat jenazah. |
|
|
|
Peserta didik dapat menjelaskan
tata cara salat jenazah. |
|
|
|
Peserta didik dapat menjelaskan
Hikmah melaksanakan salat jenazah |
|
|
|
Total |
9 |
Bab
5 Peradaban Islam pada Masa
Abbasiyah (750-1258 M)
Tujuan Pembelajaran :
22. Peserta didik dapat menjelaskan masa keemasan sejarah Islam pada Daulah Bani
Abbasiyah (750-1258 M)
23. Peserta didik dapat menjelaskan dimensi keindahan seni yang lahir di masa
Daulah Bani Abbasiyah.
24. Peserta didik dapat membuat infografis mengenai sejarah Islam pada masa
Daulah Bani Abbasiyah dengan Bait al-Hikmah sebagai bentuk keharmonisan
intelektual antaragama.
25. Peserta didik
dapat menciptakan semangat melaksanakan ajaran agama dalam mencari ilmu,
literasi dan produktif dalam berkarya.
Profil Pelajar Pancasila
·
Berkebinekaan global
·
Bergotong-royong
·
Kreatif
Alur Tujuan Pembelajaran
Elemen: Sejarah Peradaban
Islam |
|||
Capaian Pembelajaran: Pada akhir fase D ini, peserta didik menghayati penerapan akhlak mulia
dari kisah- kisah penting dari Bani Abbasiyah. Mereka dapat menjelaskan sejarah Bani
Abbasiyah serta peradaban Islam dimasanya. |
|||
Materi |
TujuanPembelajaran |
MA |
JP |
26.
A Sejarah Daulah Bani Abbasiyah |
Peserta didik dapat menjelaskan
sejarah berdirinya Daulah Bani Abbasiyah. |
5a |
3 |
Peserta didik dapat menyebutkan periodesasi
Daulah Bani Abbasiyah. |
|||
Peserta didik dapat menyebutkan Khalifah-khalifah Bani
Abbasiyah |
|||
5.
B Peradaban
Islam Bani Abbasiyah |
Peserta didik dapat menjelaskan Bait
al-Hikmah sebagai pusat studi ilmu pengetahuan |
5b |
3 |
Peserta didik dapat menjelaskan
kemajuan peradaban Islam di bidang Seni pada masa Bani Abbasiyah |
|||
Peserta didik dapat menjelaskan
kemajuan peradaban Islam di bidang ilmu pengetahuan pada masa Bani Abbasiyah |
|||
Peserta didik dapat membuat
infografis mengenai sejarah Islam pada masa Daulah Bani Abbasiyah dengan Bait
al-Hikmah sebagai bentuk keharmonisan intelektual antaragama. |
|||
Total |
6 |
Bab
6
Moderat dalam Beragama
Tujuan Pembelajaran :
27. Peserta didik dapat membaca Q.S. Al-Baqarah/2: 143.
28. Peserta didik dapat menulis Q.S. Al-Baqarah/2: 143.
29. Peserta didik dapat menghafal Q.S. Al-Baqarah/2: 143.
30. Peserta didik dapat menjelaskan hukum bacaan Nun Sukun/Tanwin dan Miim
Sukun
31. Peserta didik dapat menunjukkan huruf Nun Sukun/Tanwin dan Miim Sukun.
32. Peserta didik dapat menunjukkan contoh bacaan Nun Sukun/Tanwin dan Miim
Sukun.
33. Peserta didik dapat menerapkan bacaan Nun Sukun/Tanwin dan Miim Sukun.
34. Peserta didik dapat
menjelaskan sikap moderat dalam beragama sesuai kandungan Q.S. Al-Baqarah/2:
143.
35. Peserta didik
dapat membangun sikap moderat dalam beragama pada kehidupan sehari-hari.
Profil Pelajar Pancasila
·
Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak
Mulia
·
Kreatif
·
Bergotong-royong
Alur Tujuan Pembelajaran
Elemen: Al-Qur’an Hadis |
|||
CapaianPembelajaran: Pada akhir fase D ini, Peserta didik juga mampu menjelaskan
pemahamannya tentang sikap moderat dalam beragama. Mereka
dapat membaca, menulis dan menghafal Q.S. Al-Baqarah/ 2: 143, dapat mengimplementasikan
bacaan Nun Sukun/Tanwin dan Miim Sukun, dan dapat menjelaskan sikap
moderat dalam beragama sesuai
kandungan Q.S. Al-Baqarah/2: 143. |
|||
Materi |
TujuanPembelajaran |
MA |
JP |
6.
A Q.S. Al-Baqarah/2: 143 |
Peserta didik dapat membaca Q.S. Al-Baqarah/2:
143. |
6a |
3 |
Peserta didik dapat menulis Q.S.
Al-Baqarah/2: 143. |
|||
Peserta didik dapat menghafal Q.S.
Al-Baqarah/2: 143. |
|||
6.
B Hukum bacaan Nun
Sukun/Tanwin dan Miim Sukun |
Peserta didik dapat menjelaskan
hukum bacaan Nun Sukun/Tanwin dan Miim Sukun |
6b |
3 |
Peserta didik dapat menunjukkan
huruf Nun Sukun/Tanwin dan Miim Sukun. |
|||
Peserta didik dapat menunjukkan
contoh bacaan Nun Sukun/Tanwin dan Miim Sukun. |
|||
Peserta didik dapat menerapkan
bacaan Nun Sukun/Tanwin dan Miim Sukun. |
|||
6.
C Moderat dalam beragama sesuai kandungan Q.S. Al-Baqarah/2: 143. |
Peserta didik dapat menjelaskan Moderat dalam
beragama sesuai kandungan
Q.S. Al-Baqarah/2: 143. |
6c |
3 |
Peserta didik
dapat menumbuhkan sikap wasatiyah atau moderat di tengah masyarakat. |
|||
Peserta didik dapat menerapkan sikap wasatiyah
atau moderat dalam kehidupan sehari-hari. |
|
|
|
Total |
9 |
Bab
7 Beriman kepada Nabi dan Rasul
Tujuan Pembelajaran :
1.
Peserta didik dapat menganalisis
manfaat beriman kepada Nabi dan Rasul Allah Swt.
2. Peserta didik dapat menciptakan infografis mengenai tugas para Nabi dan Rasul
dan manfaatnya dalam menumbuhkan karakter positif sehingga tertanam keyakinan
bahwa Allah Swt telah mengutus Nabi dan Rasul.
3. Peserta didik dapat mengimplementasikan amal baik dan
menjauhi amal buruk
Profil Pelajar Pancasila
·
Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak
Mulia
·
Bergotong-royong
·
Kreatif
Alur Tujuan Pembelajaran
Bab
8 Toleransi dan Menghargai Perbedaan
Tujuan Pembelajaran :
4.
Peserta didik dapat menjelaskan
tentang toleransi dan menghargai Perbedaan.
5. Peserta didik dapat menjelaskan tentang sikap toleransi dan menghargai
Perbedaan dan cara menumbuhkannya.
6. Peserta didik
dapat menjelaskan tujuan dan manfaat toleransi dan menghargai Perbedaan
7. Peserta didik dapat menerapkan toleransi dan menghargai Perbedaan dalam
kehidupan sehari-hari
8. Peserta didik
dapat menjelaskan cara menghindari sikap intoleransi dalam kehidupan dalam
kehidupan sehari-hari.
Profil Pelajar Pancasila
·
Berkebhinnekaan Global
·
Bergotong-royong
Alur Tujuan Pembelajaran
Elemen: Akhlak |
|||
Capaian Pembelajaran: Pada akhir fase D ini, Peserta didik juga memahami definisi toleransi
dalam tradisi Islam berdasarkan ayat-ayat Al-Qur`an dan hadis-hadis Nabi.. Mereka dapat menjelaskan toleransi dan
menghargai perbedaan. |
|||
Materi |
TujuanPembelajaran |
MA |
JP |
8.
A Toleransi dan Menghargai Perbedaan |
Peserta didik dapat menjelaskan
pengertian toleransi dan dalilnya. |
8a |
3 |
Peserta didik dapat menjelaskan
munculnya toleransi. |
|||
Peserta didik dapat menjelaskan
jenis-jenis toleransi |
|||
Peserta didik dapat menjelaskan
manfaat toleransi |
|||
8.
B Penerapan Toleransi
dan Menghargai Perbedaan |
Peserta didik dapat
menjelaskan Penerapan Toleransi
dan Menghargai Perbedaan |
8b |
3 |
Peserta didik dapat menjelaskan
cara menumbuhkan toleransi |
|||
Peserta didik dapat
menjelaskan menghindari intoleransi |
|||
Peserta didik dapat cara
membiasakan toleransi dan mengharagai perbedaan dalam kehidupan sehari-hari. |
|||
Total |
6 |
Bab
9 Praktik Jual
Beli dan Utang Piutang serta Menghindari Riba
Tujuan Pembelajaran :
9.
Peserta didik dapat menjelaskan
konsep muamalah seperti jual beli, utang piutang, dan larangan riba.
10. Peserta didik dapat membuat paparan mengenai jual beli, utang piutang, dan
riba
11. Peserta didik
dapat menjalankan muamalah sesuai dengan syariat Islam
12. Peserta didik dapat menumbuhkan sikap jujur, bertanggung jawab, dan dapat
dipercaya.
Profil Pelajar Pancasila
·
Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak
Mulia
·
Kreatif
·
Bergotong-royong
Alur Tujuan Pembelajaran
Elemen: Fikih |
|||
Capaian Pembelajaran: Pada akhir fase D ini, peserta didik dapat memahami konsep
muʿāmalah, ribā. Mereka dapat menjelaskan
konsep muamalah dalam praktik jual beli dan utang piutang serta menghindari
riba. |
|||
Materi |
TujuanPembelajaran |
MA |
JP |
9.
A Pengertian Jual Beli dan Praktiknya |
Peserta didik dapat menjelaskan
pengertian jual beli dan dalilnya. |
9a |
3 |
Peserta didik dapat menjelaskan
tujuan jual beli. |
|||
Peserta didik dapat menjelaskan
syarat dan rukun jual beli |
|||
Peserta didik dapat menjelaskan
macam-macam jual beli |
|||
Peserta didik dapat menjelaskan
praktik jual beli |
|||
9.
B Pengertian
Utang Piutang dan Praktiknya |
Peserta didik dapat menjelaskan
pengertian utang piutang |
9b |
3 |
Peserta didik dapat menjelaskan
pengertian riba |
|||
Peserta didik dapat menjelaskan
jenis dan hukum riba dalam Islam |
|||
Peserta didik dapat menjelaskan
praktik utang piutang |
|||
Peserta didik dapat menjelaskan
cara menghindari riba |
|||
Total |
6 |
Bab
10 Lahirnya Para Ilmuwan Muslim
pada Masa Bani Abbasiyah
Tujuan Pembelajaran :
13. Peserta didik dapat menjelaskan masa keemasan sejarah Islam yang ditandai
dengan munculnya para cendekiawan muslim.
14. Peserta didik dapat membuat infografik mengenai peran ilmuwan muslim pada
masa Bani Abbasiyah dalam menginspirasi dunia ilmu pengetahuan dan teknologi,
termasuk karya dari ekspresi keindahan dan seni serta kontribusinya untuk
kemanusiaan dan peradaban..
15. Peserta didik dapat mengimplementasikan ajaran agama dalam mencari ilmu dan
menghargai hasil karya seni.
16. Peserta didik
dapat menumbuhkan rasa ingin tahu dan semangat menjadi pembelajar sepanjang
hayat.
Profil Pelajar Pancasila
·
Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak
Mulia
·
Bernalar
kritis
·
Bergotong-royong
Alur Tujuan Pembelajaran
Elemen: Sejarah Peradaban
Islam |
|||
Capaian Pembelajaran: Pada akhir fase D ini, peserta didik menghayati penerapan akhlak mulia
dari kisah- kisah penting dari Bani Abbasiyah. Mereka dapat menjelaskan para ilmuwan Muslim yang
muncul pada masa Bani Abbasiyah, dan dapat menjelaskan peran ilmuwan Muslim
Bani Abbasiyah dalam menginspirasi Dunia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. |
|||
Materi |
TujuanPembelajaran |
MA |
JP |
10.
A Para Ilmuwan Muslim pada Masa Bani Abbasiyah (750-1258
M) |
Peserta didik dapat menjelaskan
para ilmuwan Muslim pada Masa Bani Abbasiyah beserta bidang ilmunya. |
10a |
3 |
Peserta didik dapat menjelaskan ekspresi keindahan dan seni
pada masa Bani Abbasiyah |
|||
Peserta didik dapat menghargai hasil karya seni |
|||
Peserta didik dapat meneladani semangat Ilmuwan muslim menjadi
pembelajar sepanjang hayat. |
|||
10.B Peran Ilmuwan
Muslim Bani Abbasiyah dalam menginspirasi Dunia Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi |
Peserta didik dapat menjelaskan
peran ilmuwan Muslim Bani Abbasiyah dalam menginspirasi dunia ilmu
pengetahuan dan teknologi |
10b |
3 |
Peserta didik dapat menjelaskan
kontribusi ilmuwan Muslim Bani Abbasiyah untuk kemanusiaan dan peradaban |
|||
Peserta didik dapat menjelaskan cara
menjalankan ajaran agama dalam mencari ilmu pengetahuan |
|||
Peserta didik dapat meneladani
peran ilmuwan Muslim Bani Abbasiyah |
|||
Peserta didik dapat membuat infografis mengenai peran ilmuwan
muslim pada masa Bani Abbasiyah dalam
menginspirasi dunia ilmu pengetahuan
dan teknologi |
|||
Total |
6 |
Untuk lebih
jelasnya dapat dilihat pada ..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar