Sabtu, 15 Juni 2024

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

  
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMP
FASE D KELAS
VIII

 

 Bab 1 Pelestarian Alam dan Lingkungan

 Tujuan Pembelajaran :

1.      Peserta didik dapat membaca Q.S. Ar-Rum/30: 41, Q.S. Ibrahim/14: 32 dan Q.S. Az-Zukhruf/43: 13.

2.      Peserta didik dapat menulis Q.S. Ar-Rum/30: 41, Q.S. Ibrahim/14: 32 dan Q.S. Az-Zukhruf/43: 13.

3.      Peserta didik dapat menghafal Q.S. Ar-Rum/30: 41, Q.S. Ibrahim/14: 32 dan Q.S. Az-Zukhruf/43: 13.

4.      Peserta didik dapat menjelaskan hukum bacaan lam jalalah dan ra

5.      Peserta didik dapat menunjukkan contoh bacaan lam jalalah dan ra.

6.      Peserta didik dapat mengimplementasikan bacaan lam jalalah dan ra.

7.      Peserta didik dapat menjelaskan Isi kandungan Q.S. Ar-Rum/30: 41, Q.S. Ibrahim/14: 32 dan Q.S. Az-Zukhruf/43: 13.

8.      Peserta didik dapat menjelaskan tentang pelestarian alam dan lingkungan sesuai kandungan Q.S. Ar-Rum/30: 41, Q.S. Ibrahim/14: 32 dan Q.S. Az-Zukhruf/43: 13.

9.      Peserta didik dapat menciptakan karya berupa video pendek yang mengandung konten pelestarian alam di lingkungan sekolah atau rumah masing-masing

 

Profil Pelajar Pancasila

·         Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

·         Bergotong-royong

·         Kreatif

 

Alur Tujuan Pembelajaran

 

Elemen:

Al-Qur’an Hadis

CapaianPembelajaran:

Pada akhir fase D ini, Peserta didik memahami pentingnya pelestarian alam dan lingkungan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam ajaran Islam. Mereka dapat membaca, menulis dan menghafal Q.S. Ar-Rum/30: 41, Q.S. Ibrahim/14: 32 dan Q.S. Az-Zukhruf/43: 13, dapat mengimplementasikan bacaan lam jalalah dan ra, dan dapat menjelaskan tentang pelestarian alam dan lingkungan sesuai kandungan Q.S. Ar-Rum/30: 41, Q.S. Ibrahim/14: 32 dan Q.S. Az-Zukhruf/43: 13.

Materi

TujuanPembelajaran

MA

JP

1.   A

Q.S. Ar-Rum /30: 41, Q.S. Ibrahim/14: 32 dan Q.S. Az-Zukhruf /43: 13

Peserta didik dapat membaca Q.S. Ar-Rum/30: 41, Q.S. Ibrahim/14: 32 dan Q.S. Az-Zukhruf/43: 13.

1a

3

Peserta didik dapat menulis Q.S. Ar-Rum/30: 41, Q.S. Ibrahim/14: 32 dan Q.S. Az-Zukhruf/43: 13.

Peserta didik dapat menghafal Q.S. Ar-Rum/30: 41, Q.S. Ibrahim/14: 32 dan Q.S. Az-Zukhruf/43: 13.

1.   B

Hukum bacaan lam jalalah dan ra

Peserta didik dapat menjelaskan hukum bacaan lam jalalah dan ra

1b

3

Peserta didik dapat menunjukkan contoh bacaan lam jalalah dan ra.

Peserta didik dapat mengimplementasikan bacaan lam jalalah dan ra.

1.   C

Pelestarian alam dan lingkungan serta isi Kandungan Q.S. Ar-Rum /30: 41, Q.S. Ibrahim/14: 32 dan Q.S. Az-Zukhruf /43: 13.

Peserta didik dapat menjelaskan Isi kandungan Q.S. Ar-Rum/30: 41, Q.S. Ibrahim/14: 32 dan Q.S. Az-Zukhruf/43: 13.

1c

3

Peserta didik dapat menjelaskan tentang pelestarian alam dan lingkungan sesuai kandungan Q.S. Ar-Rum/30: 41, Q.S. Ibrahim/ 14: 32 dan Q.S. Az-Zukhruf/43: 13..

Peserta didik dapat menciptakan karya berupa video pendek yang mengandung konten pelestarian alam di lingkungan sekolah atau rumah masing-masing

Total

9

 


Bab 2 Mendalami Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt

 

Tujuan Pembelajaran :

10.  Peserta didik dapat menjelaskan pengertian Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt beserta dalilnya.

11.  Peserta didik dapat menjelaskan contoh-contoh penerapan Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt.

12.  Peserta didik dapat menciptakan poster yang berhubungan dengan sikap orang beriman kepada Kitab-kitab Allah Swt.

13.  Peserta didik dapat mengimplementasikan cara beriman kepada Kitab-kitab Allah Swt.

14.  Peserta didik dapat membangun sikap mencintai Al-Qur’an.

 

Profil Pelajar Pancasila

·         Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

·         Bergotong-royong

 

Alur Tujuan Pembelajaran

 

Elemen:

Akidah

Capaian Pembelajaran:

Pada akhir fase D ini, peserta didik mendalami enam rukun Iman. Mereka dapat menjelaskan pengertian Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt dan Implementasinya.

Materi

TujuanPembelajaran

MA

JP

2.    A

Pengertian Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt

 

Peserta didik dapat menjelaskan makna Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt.

2a

 

 

3

Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan kitab dan suhuf  .

Peserta didik dapat menyebutkan kitab-kitab yang wajib diimani

Peserta didik dapat menjelaskan Isi Pokok Kitab-kitab Allah Swt.

Peserta didik dapat menjelaskan Rasul–rasul yang menerima Kitab.

Peserta didik dapat menjelaskan cara beriman kepada Kitab-kitab Allah Swt..

2.    B

Implementasi Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt

Peserta didik dapat menunjukkan contoh perbuatan yang mencerminkan Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt

2b

3

Peserta didik dapat mengimplementasikan cara beriman kepada kitab-kitab Allah Swt

Peserta didik dapat menjelaskan cara menjadi generasi yang mencintai Al-Qur’an

Peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri generasi cinta Al-Qur’an

Peserta didik dapat menyebutkan hikmah beriman kepada Kitab Allah Swt.

Total

6

 

Bab 3 Menjadi Pribadi yang Amanah dan Jujur

 

Tujuan Pembelajaran :

15.  Peserta didik dapat menjelaskan sikap amanah dan jujur serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

16.  Peserta didik dapat menciptakan karya inspiratif berkaitan dengan pentingnya sikap amanah dan jujur.

17.  Peserta didik dapat menjelaskan hikmah sikap amanah dan jujur.

 

Profil Pelajar Pancasila

·         Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

·         Bergotong-royong

 

Alur Tujuan Pembelajaran

 

Elemen:

Akhlak

Capaian Pembelajaran:

Pada akhir fase D ini, Peserta didik juga mulai mengenal dimensi keindahan dan seni dalam Islam termasuk ekspresi- ekspresinya peserta didik mendalami sikap amanah dan jujur. Mereka dapat menjelaskan pengertian amanah dan jujur dan dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Materi

TujuanPembelajaran

MA

JP

3.    A

Amanah dan Implementasinya dalam kehidupan sehari-hari

Peserta didik dapat menjelaskan pengertian amanah dan dalilnya.

3a

 

 

3

Peserta didik dapat menjelaskan bentuk-bentuk amanah .

Peserta didik dapat menjelaskan penerapan sikap amanah dalam kehidupan sehari-hari

Peserta didik dapat menjelaskan hikmah sikap amanah

3.    B

Jujur dan Implementasi nya dalam kehidupan sehari-hari

Peserta didik dapat menjelaskan pengertian jujur dan dalilnya.

3b

 

 

 

3

Peserta didik dapat menjelaskan nilai-nilai kejujuran .

Peserta didik dapat menjelaskan bentuk-bentuk kejujuran

Peserta didik dapat menjelaskan penerapan sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari

Peserta didik dapat menjelaskan hikmah sikap jujur

Total

6

 

 

 

 

 

 

Bab 4  Salat Gerhana, Salat Istisqa, dan Salat Jenazah

 

Tujuan Pembelajaran :

18.  Peserta didik dapat menjelaskan ketentuan salat gerhana, salat istisqa dan salat jenazah besert dalilnya.

19.  Peserta didik dapat menjelaskan salat gerhana, salat istisqa dan salat jenazah.

20.  Peserta didik dapat mempraktikkan salat gerhana, salat istisqa dan salat jenazah sesuai ketentuan dan tata caranya

21.  Peserta didik dapat membangun sikap disiplin, penuh harap kepada Allah Swt dan peduli kepada sesama.

 

Profil Pelajar Pancasila

·         Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

·         Bergotong-royong

 

Alur Tujuan Pembelajaran

 

Elemen:

Fikih

Capaian Pembelajaran:

Pada akhir fase D ini, peserta didik memahami internalisasi nilai-nilai dalam sujud dan ibadah salat. Mereka dapat menjelaskan cara melakukan salat gerhana, salat istisqa dan salat jenazah.

Materi

TujuanPembelajaran

MA

JP

4.      A

Salat Gerhana dan Ketentuan nya

Peserta didik dapat menjelaskan pengertian salat gerhana dan dalilnya.

4a

 

 

3

Peserta didik dapat menjelaskan ketentuan salat gerhana .

Peserta didik dapat menjelaskan tata cara salat gerhana

Peserta didik dapat menjelaskan Hikmah melaksanakan salat gerhana

4.    B

Salat Istisqa dan Ketentuan nya

Peserta didik dapat menjelaskan pengertian salat istisqa dan dalilnya.

4b

3

Peserta didik dapat menjelaskan ketentuan salat istisqa .

Peserta didik dapat menjelaskan tata cara salat istisqa

Peserta didik dapat menjelaskan Hikmah melaksanakan salat istisqa

4.     C

 

Salat Jenazah dan Ketentuan nya

Peserta didik dapat menjelaskan pengertian salat jenazah dan dalilnya.

4c

3

Peserta didik dapat menjelaskan ketentuan salat jenazah.

 

 

Peserta didik dapat menjelaskan tata cara salat jenazah.

 

 

Peserta didik dapat menjelaskan Hikmah melaksanakan salat jenazah

 

 

Total

9

 

 

 

Bab 5  Peradaban Islam pada Masa Abbasiyah (750-1258 M)

Tujuan Pembelajaran :

22.  Peserta didik dapat menjelaskan masa keemasan sejarah Islam pada Daulah Bani Abbasiyah (750-1258 M)

23.  Peserta didik dapat menjelaskan dimensi keindahan seni yang lahir di masa Daulah Bani Abbasiyah.

24.  Peserta didik dapat membuat infografis mengenai sejarah Islam pada masa Daulah Bani Abbasiyah dengan Bait al-Hikmah sebagai bentuk keharmonisan intelektual antaragama.

25.  Peserta didik dapat menciptakan semangat melaksanakan ajaran agama dalam mencari ilmu, literasi dan produktif dalam  berkarya.

 

Profil Pelajar Pancasila

·         Berkebinekaan global

·         Bergotong-royong

·         Kreatif

 

Alur Tujuan Pembelajaran

 

Elemen:

Sejarah Peradaban Islam

Capaian Pembelajaran:

Pada akhir fase D ini, peserta didik menghayati penerapan akhlak mulia dari kisah- kisah penting dari Bani Abbasiyah. Mereka dapat menjelaskan sejarah Bani Abbasiyah serta peradaban Islam dimasanya.

Materi

TujuanPembelajaran

MA

JP

26.  A

Sejarah Daulah Bani Abbasiyah

Peserta didik dapat menjelaskan sejarah berdirinya Daulah Bani Abbasiyah.

5a

 

 

3

Peserta didik dapat menyebutkan periodesasi Daulah Bani Abbasiyah.

Peserta didik dapat  menyebutkan Khalifah-khalifah Bani Abbasiyah

5.    B

Peradaban Islam Bani Abbasiyah

Peserta didik dapat menjelaskan Bait al-Hikmah sebagai pusat studi ilmu pengetahuan

5b

3

Peserta didik dapat menjelaskan kemajuan peradaban Islam di bidang Seni pada masa Bani Abbasiyah

Peserta didik dapat menjelaskan kemajuan peradaban Islam di bidang ilmu pengetahuan pada masa Bani Abbasiyah

Peserta didik dapat membuat infografis mengenai sejarah Islam pada masa Daulah Bani Abbasiyah dengan Bait al-Hikmah sebagai bentuk keharmonisan intelektual antaragama.

Total

6

 

 

 

 

 

Bab 6 Moderat dalam Beragama

 

Tujuan Pembelajaran :

27.  Peserta didik dapat membaca Q.S. Al-Baqarah/2: 143.

28.  Peserta didik dapat menulis Q.S. Al-Baqarah/2: 143.

29.  Peserta didik dapat menghafal Q.S. Al-Baqarah/2: 143.

30.  Peserta didik dapat menjelaskan hukum bacaan Nun Sukun/Tanwin dan Miim Sukun

31.  Peserta didik dapat menunjukkan huruf Nun Sukun/Tanwin dan Miim Sukun.

32.  Peserta didik dapat menunjukkan contoh bacaan Nun Sukun/Tanwin dan Miim Sukun.

33.  Peserta didik dapat menerapkan bacaan Nun Sukun/Tanwin dan Miim Sukun.

34.  Peserta didik dapat menjelaskan sikap moderat dalam beragama sesuai kandungan Q.S. Al-Baqarah/2: 143.

35.  Peserta didik dapat membangun sikap moderat dalam beragama pada kehidupan sehari-hari.

 

Profil Pelajar Pancasila

·         Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

·         Kreatif

·         Bergotong-royong

 

Alur Tujuan Pembelajaran

 

Elemen:

Al-Qur’an Hadis

CapaianPembelajaran:

Pada akhir fase D ini, Peserta didik juga mampu menjelaskan pemahamannya tentang sikap moderat dalam beragama. Mereka dapat membaca, menulis dan menghafal Q.S. Al-Baqarah/ 2: 143, dapat mengimplementasikan bacaan Nun Sukun/Tanwin dan Miim Sukun, dan dapat menjelaskan sikap moderat dalam beragama  sesuai kandungan Q.S. Al-Baqarah/2: 143.

Materi

TujuanPembelajaran

MA

JP

6.   A

Q.S. Al-Baqarah/2: 143

Peserta didik dapat membaca Q.S. Al-Baqarah/2: 143.

6a

3

Peserta didik dapat menulis Q.S. Al-Baqarah/2: 143.

Peserta didik dapat menghafal Q.S. Al-Baqarah/2: 143.

6.   B

Hukum bacaan Nun Sukun/Tanwin dan Miim Sukun

Peserta didik dapat menjelaskan hukum bacaan Nun Sukun/Tanwin dan Miim Sukun

6b

3

Peserta didik dapat menunjukkan huruf Nun Sukun/Tanwin dan Miim Sukun.

Peserta didik dapat menunjukkan contoh bacaan Nun Sukun/Tanwin dan Miim Sukun.

Peserta didik dapat menerapkan bacaan Nun Sukun/Tanwin dan Miim Sukun.

6.   C

Moderat dalam beragama sesuai kandungan Q.S. Al-Baqarah/2: 143.

Peserta didik dapat menjelaskan Moderat dalam beragama sesuai kandungan Q.S. Al-Baqarah/2: 143.

6c

3

Peserta didik dapat menumbuhkan sikap wasatiyah atau moderat di tengah masyarakat.

Peserta didik dapat menerapkan sikap wasatiyah atau moderat dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

Total

9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bab 7 Beriman kepada Nabi dan Rasul

 

Tujuan Pembelajaran :

1.      Peserta didik dapat menganalisis manfaat beriman kepada Nabi dan Rasul Allah Swt.

2.      Peserta didik dapat menciptakan infografis mengenai tugas para Nabi dan Rasul dan manfaatnya dalam menumbuhkan karakter positif sehingga tertanam keyakinan bahwa Allah Swt telah mengutus Nabi dan Rasul.

3.      Peserta didik dapat mengimplementasikan amal baik dan menjauhi amal buruk

 

Profil Pelajar Pancasila

·         Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

·         Bergotong-royong

·         Kreatif

 

Alur Tujuan Pembelajaran

 

Elemen:

Akidah

CapaianPembelajaran:

Pada akhir fase D ini, peserta didik mendalami enam rukun Iman. Mereka dapat menjelaskan Pengertian Beriman kepada Nabi dan Rasul Allah, Swt  dan Implementasinya.

Materi

Tujuan Pembelajaran

MA

JP

7.    A

Pengertian Beriman kepada Nabi dan Rasul Allah, Swt

 

Peserta didik dapat menjelaskan Pengertian Beriman kepada Nabi dan Rasul Allah, Swt dan dalilnya

7a

 

 

3

Peserta didik dapat menjelaskan pengertian Nabi dan Rasul

Peserta didik dapat menjelaskan sifat-sifat Nabi dan Rasul Allah Swt.

Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan Nabi dan Rasul

Peserta didik dapat menjelaskan tugas Rasul

Peserta didik dapat menunjukkan Rasul Ulul Azmi

Peserta didik dapat menyebutkan nama-nama Nabi dan Rasul yang berjumlah 25 orang.

7.    B

Implementasi Iman kepada Nabi dan Rasul Allah Swt

Peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku yang mencermin kan iman kepada Nabi dan Rasul Allah Swt.

7b

3

Peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku yang berkaitan dengan tugas Nabi dan Rasul tertentu.

Peserta didik dapat menciptakan infografis mengenai tugas para Nabi dan Rasul

Peserta didik dapat mengimplementasikan amal baik dan menjauhi amal buruk

Total

6

 

 

 

Bab 8 Toleransi dan Menghargai Perbedaan

 

Tujuan Pembelajaran :

4.      Peserta didik dapat menjelaskan tentang toleransi dan menghargai Perbedaan.

5.      Peserta didik dapat menjelaskan tentang sikap toleransi dan menghargai Perbedaan dan cara menumbuhkannya.

6.      Peserta didik dapat menjelaskan tujuan dan manfaat toleransi dan menghargai Perbedaan

7.      Peserta didik dapat menerapkan toleransi dan menghargai Perbedaan dalam kehidupan sehari-hari

8.      Peserta didik dapat menjelaskan cara menghindari sikap intoleransi dalam kehidupan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Profil Pelajar Pancasila

·         Berkebhinnekaan Global

·         Bergotong-royong

 

Alur Tujuan Pembelajaran

 

Elemen:

Akhlak

Capaian Pembelajaran:

Pada akhir fase D ini, Peserta didik juga memahami definisi toleransi dalam tradisi Islam berdasarkan ayat-ayat Al-Qur`an dan hadis-hadis Nabi.. Mereka dapat menjelaskan toleransi dan menghargai perbedaan.

Materi

TujuanPembelajaran

MA

JP

8.      A

Toleransi dan Menghargai Perbedaan

Peserta didik dapat menjelaskan pengertian toleransi dan dalilnya.

8a

 

 

3

Peserta didik dapat menjelaskan munculnya toleransi.

Peserta didik dapat menjelaskan jenis-jenis toleransi

Peserta didik dapat menjelaskan manfaat toleransi

8.    B

Penerapan  Toleransi   dan Menghargai Perbedaan

Peserta didik dapat menjelaskan Penerapan  Toleransi   dan Menghargai Perbedaan

8b

3

Peserta didik dapat menjelaskan cara menumbuhkan toleransi

Peserta didik dapat menjelaskan menghindari intoleransi

Peserta didik dapat cara membiasakan toleransi dan mengharagai perbedaan dalam kehidupan sehari-hari.

Total

6

 

 

 

 

 

 

Bab 9  Praktik Jual Beli dan Utang Piutang serta Menghindari Riba

 

Tujuan Pembelajaran :

9.      Peserta didik dapat menjelaskan konsep muamalah seperti jual beli, utang piutang, dan larangan riba.

10.  Peserta didik dapat membuat paparan mengenai jual beli, utang piutang, dan riba

11.  Peserta didik dapat menjalankan muamalah sesuai dengan syariat Islam

12.  Peserta didik dapat menumbuhkan sikap jujur, bertanggung jawab, dan dapat dipercaya.

 

Profil Pelajar Pancasila

·         Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

·         Kreatif

·         Bergotong-royong

 

Alur Tujuan Pembelajaran

 

Elemen:

Fikih

Capaian Pembelajaran:

Pada akhir fase D ini, peserta didik dapat memahami konsep muʿāmalah, ribā. Mereka dapat menjelaskan konsep muamalah dalam praktik jual beli dan utang piutang serta menghindari riba.

Materi

TujuanPembelajaran

MA

JP

9.      A

Pengertian Jual Beli dan Praktiknya

Peserta didik dapat menjelaskan pengertian jual beli dan dalilnya.

9a

 

 

3

Peserta didik dapat menjelaskan tujuan jual beli.

Peserta didik dapat menjelaskan syarat dan rukun jual beli

Peserta didik dapat menjelaskan macam-macam jual beli

Peserta didik dapat menjelaskan praktik jual beli

9.    B

Pengertian Utang Piutang dan Praktiknya

Peserta didik dapat menjelaskan pengertian utang piutang

9b

3

Peserta didik dapat menjelaskan pengertian riba

Peserta didik dapat menjelaskan jenis dan hukum riba dalam Islam

Peserta didik dapat menjelaskan praktik utang piutang

Peserta didik dapat menjelaskan cara menghindari riba

Total

6

 

 

 

 

 

 

 

 

Bab 10  Lahirnya Para Ilmuwan Muslim pada Masa Bani Abbasiyah

Tujuan Pembelajaran :

13.  Peserta didik dapat menjelaskan masa keemasan sejarah Islam yang ditandai dengan munculnya para cendekiawan muslim.

14.  Peserta didik dapat membuat infografik mengenai peran ilmuwan muslim pada masa Bani Abbasiyah dalam menginspirasi dunia ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk karya dari ekspresi keindahan dan seni serta kontribusinya untuk kemanusiaan dan peradaban..

15.  Peserta didik dapat mengimplementasikan ajaran agama dalam mencari ilmu dan menghargai hasil karya seni.

16.  Peserta didik dapat menumbuhkan rasa ingin tahu dan semangat menjadi pembelajar sepanjang hayat.

 

Profil Pelajar Pancasila

·         Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia

·         Bernalar kritis

·         Bergotong-royong

 

Alur Tujuan Pembelajaran

Elemen:

Sejarah Peradaban Islam

Capaian Pembelajaran:

Pada akhir fase D ini, peserta didik menghayati penerapan akhlak mulia dari kisah- kisah penting dari Bani Abbasiyah. Mereka dapat menjelaskan para ilmuwan Muslim yang muncul pada masa Bani Abbasiyah, dan dapat menjelaskan peran ilmuwan Muslim Bani Abbasiyah dalam menginspirasi Dunia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Materi

TujuanPembelajaran

MA

JP

10.  A

Para Ilmuwan Muslim pada Masa Bani Abbasiyah (750-1258 M)

Peserta didik dapat menjelaskan para ilmuwan Muslim pada Masa Bani Abbasiyah beserta bidang ilmunya.

10a

 

 

3

Peserta didik dapat  menjelaskan ekspresi keindahan dan seni pada masa Bani Abbasiyah

Peserta didik dapat  menghargai hasil karya seni

Peserta didik dapat  meneladani semangat Ilmuwan muslim menjadi pembelajar sepanjang hayat.

10.B

Peran Ilmuwan Muslim Bani Abbasiyah dalam menginspirasi Dunia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Peserta didik dapat menjelaskan peran ilmuwan Muslim Bani Abbasiyah dalam menginspirasi dunia ilmu pengetahuan dan teknologi

10b

3

Peserta didik dapat menjelaskan kontribusi ilmuwan Muslim Bani Abbasiyah untuk kemanusiaan dan peradaban

Peserta didik dapat menjelaskan cara menjalankan ajaran agama dalam mencari ilmu pengetahuan

Peserta didik dapat meneladani peran ilmuwan Muslim Bani Abbasiyah

Peserta didik dapat  membuat infografis mengenai peran ilmuwan muslim pada  masa Bani Abbasiyah dalam menginspirasi   dunia ilmu pengetahuan dan teknologi

Total

6

 

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada ..

LINK ALUR  TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bab 4 Mengagungkan Allah Swt. Dengan Tunduk Pada Perintah-Nya

  BAB IV MENGAGUNGKAN ALLAH SWT DENGAN TUNDUK PADA PERINTAH-NYA   A. SUJUD SYUKUR Sujud syukur ialah sujud yang dilakukan sebagai tanda te...